Kamis, 03 September 2009

Saulus / Paulus

Saulus berasal dari Tartus (sekarang Turki) oleh umat para pengikut Yesus Saulus dikenal sebagai pribadi yang kejam, Dia bukan hanya memenjarakan para pengikut Yesus, melainkan tega menyiksa bahkan sering melakukan pembantaian terhadap pengikut Yesus.

Yang menakjubkan dari kisah Salus adalah perubahan drastis yang dialaminya, perubahan itu terjadi karena pada saat dia jalan menuju Damsyik (Damaskus) tiba-tiba ada cahaya memancar dari langit mengelilinginya hingga dia (Saulus) rebah ke tanah dan kedengaran olehnya suatu suara yang berkata: Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya aku?

Saulus pun menjawab; Siapakah engkau, Tuhan ? pertanyaan Salus dijawab: akulah Yesus yang kauaniaya itu. Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat.

Teman-teman Saulus termangu-mangu karena mereka mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang pun. Saulus akhirnya bangun dan berdiri tapi saat dia membuka matanya tidak dapat melihat apa-apa.

Teman-teman Saulus-lah yang menuntunnya ke damsyik (Damaskus), peristiwa itu membuat Saulus selama tiga hari tidak dapat melihat juga tidak dapat makan dan minum.
jika di KPS 9:7 teman-teman Saulus termangu-mangu karena mendengar suara tanpa melihat sesuatu, lain lagi dengan di KPR 22:9 karena teman-teman Saulus melihat cahaya tapi tidak mendengar suara.




Paulus dari Tarsus (awalnya Saulus dari Tarsus) atau Rasul Paulus, (3 Masehi–67 Masehi) diakui sebagai tokoh penting dalam merumuskan ajaran Yesus. Paulus digambarkan dalam Perjanjian Baru sebagai Yahudi yang berkebudayaan Yunani (helenis) dan warga Roma dari Tarsus (sekarang Turki).

dari Tarsus (sekarang Turki). Mulanya ia seorang penganiaya orang Kristen (saat itu bernama Saulus), dan sesudah pengalamannya berjumpa Yesus di jalan menuju kota Damaskus, ia berubah menjadi seorang pengikut Yesus Kristus (Kis. 9).

1 komentar:

  1. :)
    Anda memakai kata MERUMUSKAN dalam kalimat "diakui sebagai tokoh penting dalam merumuskan ajaran Yesus". Saya yakin anda tak paham ttg ROH KUDUS...
    Apakah anda tahu arti dikuduskan?
    Apakah anda tahu arti kepenuhan ROH KUDUS?
    Apakah anda tahu arti diilhami oleh Roh Kudus?

    Saya yakin anda tak paham....
    Bagaimana seorang yang tak paham berbicara ttg ini dan itu?
    Anda jarang sekali bicara ttg Roh Kudus, sepertinya anda tak paham itu apa....

    Membahas soal Roh Kudus sangatlah penting dalam hubungannya dengan Paulus dan penulisan surat2 dlm Alkitab...

    Ada coba renungkan firman ini
    Lukas 7:36-50
    Bukankah ini yang dialami oleh Paulus?
    Yesus diurapi oleh perempuan berdosa
    Seorang Farisi mengundang Yesus untuk datang makan di rumahnya. Yesus datang ke rumah orang Farisi itu, lalu duduk makan. Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi. Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu. Ketika orang Farisi yang mengundang Yesus melihat hal itu, ia berkata dalam hatinya: "Jika Ia ini nabi, tentu Ia tahu, siapakah dan orang apakah perempuan yang menjamah-Nya ini; tentu Ia tahu, bahwa perempuan itu adalah seorang berdosa." Lalu Yesus berkata kepadanya: "Simon, ada yang hendak Kukatakan kepadamu." Sahut Simon: "Katakanlah, Guru. "Ada dua orang yang berhutang kepada seorang pelepas uang. Yang seorang berhutang lima ratus dinar, yang lain lima puluh. Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?" Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya." Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu." Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namun engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya. Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi. Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih." Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?" Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!"

    Bukankah Paulus merasakan lebih bahagia dari pada kita karena hutang Paulus lebih banyak dari pada kita telah dihapuskan?

    Paulus telah menyerahkan total sisa hidupnya untuk balas mengasihi Isa, dan menerima Roh Kudus... Dalam penulisan surat-suratnya tentulah Tuhan yg mengilhamkan/merumuskan penulisan itu, bukan Paulus yg merumuskan...
    mudah-mudahan ini bisa membantu anda.....

    BalasHapus