Kamis, 20 Agustus 2009

Simpang Siur Dalam Kristen

Pada tahun 1988 saya pernah membaca buku “Jawaban bagi Keraguan Anda” tulisan R.A Torrey. Pada bab 20 dalam buku itu dinyatakan bahwa sebenarnya Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu, bukan pada hari Jumat seperti yang tekah diyakini oleh mayoritas orang Kristen. Walaupun R.A Torrey menjelaskan hal itu dengan tafsiran dari berbagai sumber Alkitab, saya justru semakin ragu-ragu mengakui kebenarannya. Ya, bagaimana mungkin orang-orang Kristen dari gereja mula-mula sampai saat ini bisa keliru mengenai saat kematian Tuhan Yesus. Kebimbangan itu akhirnya hilang karena saya yakin Tuhan tetap memelihara umat-Nya dan tidak mungkin membiarkan umat-Nya tinggal di dalam ketidakbenaran.

Namun, dua puluh tahun kemudian kebimbangan itu muncul lagi ketika ada sebuah gereja yang merayakan peristiwa penyaliban Tuhan Yesus pada hari Rabu dan gereja itu mengaku sebagai gereja yang paling menjungjung tinggi Alkitab! Atas dasar inilah saya mulai menyelediki Alkitab tentang penyaliban Tuhan Yesus dan hasilnya akan saya uraian pada artikel ini.

Benarkah Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu?

Berikut ini adalah beberapa alasan / dasar bagi mereka yang meyakini Tuhan Yesus disalib pada hari Rabu:

1) Tuhan Yesus diadili dan disalibkan pada “hari persiapan Paskah” atau menjelang hari “Sabat Paskah”. Karena pada waktu itu Paskah jatuh pada hari Kamis, maka hari penyaliban Tuhan Yesus harus pada hari Rabu.

Ayat yang dijadikan dasar adalah (Yohanes 19: 14, 31)

2) Kematian Tuhan Yesus pada hari Rabu (tgl. 14 bulan Nisan) akan menggenapi lambang domba yang disembelih pada saat bangsa Israel akan keluar dari Tanah Mesir.

3) Sesuai dengan pernyataan Tuhan Yesus bahwa “seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam” (Matius 12:40 )

Mereka meyakini bahwa tiga hari tiga malam harus ditafsirkan sebagai 3 x 24 jam, sehingga kalau Tuhan Yesus bangkit pada hari Minggu pagi , maka tidak mungkin disalibkan pada hari Jumat sore karena waktunya tidak sesuai dengan 3 x 24 jam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar